Tips dan Trik Membuat Logo Produk
Pentingnya
logo dalam pemasaran produk, memang dirasakan oleh pelaku usaha. Bagi mereka,
logo menjadi salah satu alat promosi untuk mengenalkan brand produk kepada
konsumen. Sehingga dari ciri khas bentuk dan gambar yang ada, konsumen bisa
membedakan suatu produk dengan produk lainnya.
“Mengapa
para pelaku usaha mencantumkan logo pada setiap produknya?”
Karena
melalui logo, konsumen bisa mengenali sebuah produk dengan lebih mudah.
Tepat
sekali, ternyata penggunaan logo pada sebuah produk membantu para pelaku usaha dalam memasarkan
produk-produknya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan konsumen yang lebih mudah
untuk mengingat sebuah gambar atau bentuk, dalam mengenali sebuah produk baru.
Bahkan tak jarang para konsumen bisa membeli sebuah produk berdasarkan bentuk
dan gambar yang mereka ingat, walaupun sebenarnya mereka lupa akan nama produk
tersebut.
Pentingnya
logo dalam pemasaran produk, memang disadari oleh para pelaku usaha. Bagi
mereka, logo menjadi salah satu media promosi untuk mengenalkan brand produk
kepada konsumen. Sehingga dari ciri khas bentuk dan gambar yang ada, konsumen
bisa membedakan suatu produk dengan produk lainnya.
Tips dan Trik Membuat Logo Produk
Agar Anda
tidak salah dalam membuat logo produk, berikut kami informasikan tips dan trik
membuat logo produk menjadi lebih menarik dan mudah diingat oleh konsumen :
1. Logo mudah diingat semua orang
Buat logo
dengan bentuk yang sederhana, tetapi bisa mewakili pesan produk tersebut.
Dengan begitu konsumen mudah mengingat sebuah produk, dari logo yang
dilihatnya. Contohnya saja produk coca-cola yang mencantumkan gambar botol pada
logo produknya.
2. Buat logo yang unik dan menarik
Salah satu
cara untuk membantu branding sebuah produk, yaitu dengan membuat logo yang unik
dan menarik. Karena kebanyakan orang akan lebih mudah mengingat sesuatu yang
unik. Selain itu hindari penggunaan logo yang sudah banyak digunakan perusahaan
lain. Biasanya logo yang hampir-hampir mirip, membuat konsumen kesulitan
membedakan produk Anda dengan produk lainnya.
3. Hindari logo yang bersifat musiman
Pastikan
logo yang Anda gunakan bersifat abadi. Adanya pergantian logo sesuai dengan
musim atau trend yang ada, hanya akan merusak image atau brand yang selama ini
sudah terbentuk. Karena konsumen sudah terlanjur mengenali produk Anda, dari
logo yang terdahulu.
4. Pilih warna dan desain logo produk yang bisa digunakan di semua media
Ilustrasi
logo perusahaan. Ini dimaksudkan agar logo Anda bisa cocok dicetak dalam berbagai
ukuran dan media. Banyak pelaku usaha yang menggunakan strategi pemasaran
dengan mencantumkan logo produk melalui berbagai alat promosi, seperti baner,
spanduk, kartu nama, brosur, serta media lain yang ukurannya lebih kecil. Jadi,
sebaiknya pilih perpaduan warna dan desain yang bisa disesuaikan dengan semua
media promosi yang Anda gunakan.
Dari
pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwa dengan adanya logo produk cukup
membantu proses branding (brand building) suatu produk. Oleh karena itu,
sebelum Anda membuat logo untuk sebuah produk, sebaiknya perhatikan beberapa
hal tersebut. Semoga
informasi yang sedikit tersebut bisa membantu kesuksesan bisnis Anda. Salam
sukses.
Sumber : http://bisnisukm.com/pentingnya-logo-dalam-pemasaran-produk.html
Komentar
Posting Komentar