Mau Bikin Brand Usaha? Ingat Ini!!


Kamu kepingin memulai usaha? Pasti kemudian kamu mencari nama bisnis bagi usaha kamu tersebut. Nama, apalagi untuk kepentingan bisnis, amatlah penting. Sebab dengan nama itu konsumen mengenal bisnis kamu. Nama itu juga yang mewakili usaha kamu serta membedakan bisnis kamu dengan yang lain. Bukan asal pilih dan jelas tidak sesuai dengan ungkapan terkenal Shakespeare “apalah arti sebuah nama”. Nama ini dalam konteks manajemen pemasaran dikenal sebagai brand atau merek.

Seperti cara memilih nama domain atau nama blog, memberi nama bisnis bagi usaha kamu juga ada caranya. Nah, bagaimana caranya memilih nama bisnis? Ada beberapa rumusan dasar cara pembuatan nama bisnis yang harus di ingat. Berikut ini beberapa di antaranya:
1. Mudah diingat
2. Mudah diucapkan
3. Menggambarkan usaha atau bisnis yang kamu jalankan
4. Berbeda dengan yang lain

Lalu dari mana inspirasi atau ide nama bisnis itu datang? Ide nama bisnis bisa datang dari banyak sumber. Misalnya :

Nama suatu tempat. Beberapa anak muda Medan banyak mengambil nama kotanya sendiri sendiri sebagai nama usahanya, seperti TauKoMedan, KaosMedan. Intinya mereka mengedepankan bahwa produk mereka asli buatan kota Medan.

Nama benda. Rumah Kita adalah salah satu nama brand yang diambil dari kata rumah dan masih banyak lagi nama brand lainnya.

Nama hewan. Seperti merk Reebok yang berasal dari nama rhebok, antelope di Afrika.

Nama buah. Seperti Apple Computer yang diberi nama oleh Steve Jobs saat sedang makan apel.

Singkatan. Seperti nama TDA yang berasal dari singkatan Tangan Di Atas. Atau Skype yang berasal dari “Sky-Peer-to-Peer”. Dan Benq dari “Bringing Enjoyment and Quality to life” serta Microsoft yang berasal dari “MICROcomputer SOFTware”.

Bahasa setempat. Seperti Sanyo yang dalam bahasa Jepang berarti “tiga lautan”. Atau Samsung yang dalam Korea berarti “bintang tiga”.

Nama orang. Seperti Casio yang berasal dari nama pendirinya, Kashio Tadao.

Bagaimana sekarang? Ada gambaran kepingin memberi nama bisnis apa untuk usaha kamu?
Oh ya, nama bisnis ini erat juga kaitannya dengan logo bisnis. Karena itu, nama dan logo bisnis kamu kepinginnya saling berkait agar mempermudah orang mengingat nama bisnis kamu. Harapannya, merek kamu kemudian menjadi ‘top of mind’ di benak konsumen.

Komentar