TIPS : MEMACU OTAK DALAM BERFIKIR KREATIF


Kalian pasti tidak asing lagi mendengar kata kreatf atau berfikir di luar otak (thinking out of the box). Kreatif itu adalah sebuah spesis langka yang dapat dimilikir oleh setiap manusia, kreatif pun sendiri tidak hanya dimiliki oleh seorang seniman atau seorang desainer. Kreatif adalah hak untuk dimiliki oleh setiap orang, yang kaya, miskin, tua, muda, akuntan, tentara, maupun pengangguran.

Berfikir Kreatif dapat membuat hidup menjadi lebih hidup, membuat menjadi lebih berwarna, bersemangat, indah, dan lebih bermakna. Kita sebagai masyarakat Indonesia wajib untuk menanamkan kreatifitas, karena kreatifitas adalah salah satu bentuk kemerdekan dalam berimajinasi dan memajukan kreatifitas negeri ini untuk lebih maju lagi.

Karena oleh itu saya menuliskan artikel ini guna membangun tingkat kreatifitas pada otak kita untuk berfikir kreatf dan lebih kreatif. Karena kreatif adalah salah satu bentuk pertahanan yang dibutuhkan semua insa di dunia ini. Berikut saya berikan beberapa tips untuk memacu kreatifitas dalam otak kita.

1. Berfikir Segala Arah

Salah satu pola pikir yang harus kita biasakan, yaitu dengan berfikir terbalik atau dengan arah berlawanan. Teknik seperti ini akan memberikan kita cara baru dalam melihat sesuatu. Setiap pemikiran akan membangkitkan gagasan baru yang berlawanan dengan cara membalik cara berfikir kita. Perubahan presepsi juga dapat terjadi ketika kita membalikan pola cara berfikirkonvesional kita tentang sebuah masalah dan situasi.

2. Rekam dan Remix

Tahap awal dalam berfikir kreatif adalh dengan cara merekam  dan meniru, bukan meniru dalam arti plagiat namun meniru untuk belajar. Meniru adalah cara melatih kreatifitas dengan sistem yang baik. Setelah kita merekam hasil dari kreatifitas orang lain, disini saatnya kita meremixnya. yang dimaksut dengan meremix adalah menambahkan elemen-elemen pada karya orang lain atau memodifikasi karya tersebut untuk menjadi lebih baik lagi.

3. Bagaimana Kalau?

Yang dimaksut dengan bagaimana kalau, kita harus sering membuat pertanyaan seperti itu pada otak kita untuk memacu kreatifitas pada otak kita. Seperti contoh "Bagaimana kalau gambar ini ditambah elemen ini?" pertanyaan tersebut akan secara langsung memacu tingkat kreatifitas otak kita untuk berfikir lebih kreatif.

4. Menghadapi si Otak Kadal

Kalian pasti pernah merasa ketika kalian mempunyai ide yang cemerlang, ide itu justru menghilang dari otak kalian. Atau misalanya ketika kalian merasa semangatmu sedang membara, tiba-tiba semangat kalian menurun. Dalam ilmu biologi, otak kadal disebut dengan nama Amygdala. Bagian ini berfungsi untuk mrespon rasa takut, marah, dan nilai-nilai negatif. Otak kadal adalah alasan kita selalu takut untuk mencoba hal baru, yang membuat otak kita tidak bisa berfikir kreatif. Otak kadalah yang selalu menolak konsep kreatif yang kita miliki. Karena ketika muncul ide baru, otak ini merespon dengan bertanya "yakin sama ide ini? atau udah yang biasa-biasa aja buatnya". Jadi buat kalian yang ingin terus meningkatkan kreatifitas kalian, kalian harus bisa melawan otak kadal tersebut.

5. Berfikir Out Of The Box

Cara berfikir ini adalah berfikir sekreatif mungkin atau beda dari pemikiran orang lain. yang harus kalian lakukan seperti mencari ide baru, konsep baru, serba baru dan berbeda dari orang lain.

Sekian tips yang saya miliki semoga bisa bermakna dan menambah wawasan kalian bahwa kreatif itu penting untuk kita miliki.

"Orang kreatif selalu fleksibel dan berusaha mengubah kebiasaan, dia tidak takut dengan ketidakpastian"

Komentar