Tips : Cara Mengatasi Tembok Berjamur


Musim hujan memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Tak hanya berakibat banjir, rumah-rumah pun terkena imbas dari hadirnya musim hujan. Salah satunya adalah hadirnya dinding berjamur.

Dinding yang berjamur biasanya muncul di lingkungan rumah yang lembap dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, jamur pada dinding juga dapat diakibatkan oleh hadirnya rembesan-rembesan air tanah, air hujan ataupun air dari bocornya pipa. 

Jamur tersebut biasanya hadir di luar rumah dan mudah menyebar ke berbagai area. Jika tidak segera ditangani, maka jamur dapat semakin banyak dan membuat tampilan dinding di rumah Anda semakin memburuk.

Beberapa cara berikut ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi jamur yang bermunculan di dinding tembok. Dengan penanganan yang tepat, maka jamur tersebut pun dapat segera musnah dari dinding Anda.

1. Kenakan Peralatan Sebelum Memulai

Meski terlihat mudah dan tidak berbahaya bagi kesehatan saat Anda menghilangkan jamur pada dinding, namun penting bagi Anda untuk menggunakan berbagai perlengkapan kebersihan.

Kenakan sarung tangan karet, masker yang menutupi hidung dan mulut serta pakaian lengan panjang. Ini untuk mencegah Anda terpapar bahan kimia yang akan diberikan di tembok.


2. Bersihkan

  • Buatlah larutan campuran air dan karbon (3:1). Anda juga dapat menggunakan deterjen mengandung bahan aktif pencerah kain untuk mengganti fungsi karbol.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot
  • Semprotkan larutan ke area dinding yang berjamur
  • Gosok dan sikat area dinding dengan sikat atau kain yang berserat kasar untuk menghilangkan jamur hingga ke akarnya
  • Biarkan dinding mengering

3. Pengecatan

Membersihkan jamur pada dinding penting dilanjutkan dengan proses pengecatan. Gunakan cat dasar yang kedap air setelah Anda selesai membersihkan dinding dengan karbol dan sikat.

Setelah semua benar-benar kering, Anda dapat mulai mengecat ulang area dinding Anda. Gunakan warna yang cerah pada keseluruhan dinding untuk menutup warna hitam dan kotor bekas proses pembersihan.

Komentar